kenapa Web atau Aplikasi Tidak Bisa Diakses dari Operator Seluler Tertentu??? oh ternyata

ekowahyono.com
Masalahnya belum tentu di operator seluler. Lebih sering karena pengaturan IPv6 di website. Atasi dengan cara ini.
menggunakan koneksi IPv4 dan IPv6 (keduanya aktif), maka terjadi “gangguan”: web ini mau dibuka dengan IP versi berapa? Kalau kita meminta pemakai untuk aktifkan hanya IPv4, masalah selesai. Sayangnya, tidak mungkin ribuan pemakai yang pakai ponsel dengan koneksi IPv4 dan IPv6, kita beri tutorial untuk menonaktifkan IPv6. Selain ribet, itu tidak mungkin. Pemilik web maunya begini: web saya bisa dibuka dari koneksi manapun, tidak peduli orang memakai kartu apa. Titik.

Ini bisa diatasi dari 2 sisi (pilih).

Pertama, dari sisi pemakai. Meminta pemakai untuk menonaktifkan IPv6 di perangkat mereka. Tidak mungkin. Jangan bicara pengaturan dan setting melebihi 2 langkah kepada pemakai. Mereka tidak akan mau ribet. Solusi seperti ini, walaupun secara teknis “work”, tidak bisa kamu terapkan kepada para pemakai. Lupakan.

Kedua, dari sisi server. Menghapus pengaturan IPv6 di website, dari cPanel. Secara teknis, ini berarti menghapus AAA record untuk web yang bermasalah tadi.

Masuk cpanel, buka Zone Editor, kemudian hapus AAA record yang berisi ipv6. Setelah itu, perlu propagasi. Worst scenario 1×24 jam. Kalau kita ubah menjadi kalimat, “Sudah saya setting. Silakan tunggu, paling lama 1×24 jam, semua pemakai akan bisa akses web Anda tanpa hambatan. Masalahnya bukan di operator. Terima kasih.”.

Jangan tebak-tebak berhadiah. Jangan terjebak pada pikiran pertama, kalau belum teruji itu dugaan atau fakta. Baca kembali konsep, sebelum menentukan solusi, karena identifikasi masalah yang tepat, akan mendatangkan solusi.

Jadi, kalau ada kasus website atau aplikasi tidak bisa dibuka di operator tertentu, solusinya adalah: kirim email ke admin website atau aplikasi itu, untuk menonaktifkan IPv6 dari cPanel. Masalah teratasi. [ekowahyono.com]

Posting Komentar

Kritik dan saran sangat berguna bagi saya untuk perbaikan Blog ini,
Terima kasih atas kunjungan anda..

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak